Benarkah "Crop Circle" Buatan Manusia?

Benarkah "Crop Circle" Buatan Manusia?
Editor: Tri Wahono
Sabtu, 29 Januari 2011 | 11:57 WIB
Dibaca: 7473
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Sebuah pola unik dalam lingkaran (crop circle) berdiameter sekitar 50 hingga 70 meter tercetak di areal persawahan di Desa Jogotirto, Berbah, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (24/1/2011). Kemunculan pola tersebut menarik perhatian warga dari berbagai daerah untuk menyaksikannya langsung. Belum diketahui secara pasti penyebab fenomena ini.
Tanya:
Bagaimana pendapat Pak Johny Setiawan mengenai crop circle yang baru ditemukan di Yogyakarta? Apa iya buatan manusia?
Jawab:
Crop circle bisa terjadi oleh fenomena alam biasa, seperti angin, turbulensi udara, atau buatan manusia untuk menarik perhatian, misalnya reklame. Sering kali fenomena alam membuat pola-pola simetris yang sangat menarik. Angin di gurun, misalnya, bisa membuat pola yang indah di pasir. Tidak jarang, di permukaan Bulan ditemukan struktur-struktur yang seakan-akan seperti wajah atau bentuk tertentu.
Menurut saya, apa pun penyebabnya sebaiknya kita tidak perlu langsung memberikan tanggapan-tanggapan yang tidak beralasan. Sebagai ilmuwan, saya mengutamakan penelitian ilmiah untuk menjelaskan fenomena alam yang terlihat atau ditemukan.