MOdifikasi Motor Matic

PENGHUNI RUANG PAMER!
2010-12-03 21:48:36
633901.jpgSejatinya Mio Soul punya Nicky Andiono hanya untuk dipajang di toko. Nicky pemilik bisnis ban dan pelek Niki Solo (NS) yang juga punya ruang pamer di Semarang. NS jual pelek dan ban. Klop dengan ubahan yang fokus di kaki-kaki. Ekstrem!

"Terkadang bila kami sedang ikuti pameran pada sebuah mall, matik ini ikutan didisplay,” sambung Amin, perwakilan NS yang juga dipercaya merawat Soul ini.

Enggak tanggung, Soul mengaplikasi ban dan pelek gambot dari mobil. Menerapkan ukuran ring 20 inci untuk depan 634002.jpgdan belakang. “Yup, betul itu pelek dan ban yang biasa dipasang pada SUV seperti, Nissan X-Trail, atau Honda CRV,” ujar Amin yang bermarkas di Jl. Raya Solo Baru Blok AA10-12, Solo.

Karena memang bukan dipakai untuk riding, sah-sah saja bila skubek dimodifikasi sedikit rada memaksa. Apalagi pada kaki depan. Lengan ayun tunggal dibuat, tujuannya supaya pelek Exe Pegasus model jari-jari ring 20 dan lebar 8,5 inci dobel pcd bisa masuk. Ban profil tipis, Nankang 225/30-R20 tubeles depan-belakang. Supaya pas dipasang, pelek dan ban yang konon seharga Rp 25 jutaan  itu dibuatkan adaptor dengan tebal sekitar 10 cm.

Oh ya bahan lengan ayun tunggal terlihat menggunakan pipa tubular dengan diameter sekitar 4 cm. Singkatnya pipa itu terhubung ke bagian komstir. Penerapannya, sepintas mirip suspensi depan Vespa, tapi beda di per. Di situ pasang sokbreker variasi berlabel Bigbike dengan tabung.

634103.jpgSedangkan untuk kaki belakang undur-undur dibuat sepanjang 25 cm. Dan sistem suspensi juga sudah diset di tengah. Prosesnya sampai membobok dek barang bawah jok.

Jangan tanya soal handling! Walau dipasang setang lebar, wadow pastinya tetap merepotkan dan juga berat. Terasa ketika mencoba mengeser-geser matik  ini pas mau difoto. Silakan dibayangkan kalau dipakai ngaspal dan ketemu kemacetan. Lengan bakalan pegel. Rampung riding yang ada malah ke tukang pijet.

He..he..he... Namun sekali lagi salut dengan aplikasi model begini. Paling tidak calon kastemer akan mampir ke tokonya karena penasaran mau lihat dari dekat Soul sangar ini.

Sayang brother, ubahan ekstrem ini hanya jadi pajangan toko. Bakal lebih sip lagi kalau bisa diajak dolan ke kawasan Slamet Riyadi, Solo. Kan, bisa dilirik ABG yang biasa nongkrong di Grand Mall.

DATA MODIFIKASI

Spido dan setang   : Variasi
Knalpot        : Impact
Head unit    : JVC KD SV 205
Subwoofer : Soundstream
Kapasitor bank    : Blue Storm
Niki : (0271) 626307

Penulis/Foto : Gombak